SELAMAT DATANG

thank'u for your visit !!!

Rabu, 05 Mei 2010

PENGGUNAAN LISTRIK

Tahukah Anda !!

Bahwa penggunaan listrik di perumahan Puri Anggrek menggunakan sistim curah / VT dan sistim penambahan daya, untuk itu banyak harus diperhatikan khususnya pemakaian yang terbatas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan :

Contoh penggunaan listrik di Puri Anggrek I dengan sistim curah / VT dengan daya 4.400 watt kemampuan maksimal pengeluaran daya sebesar 5.000 watt, apabila dibagi dalam jumlah warga ( 39 warga ) pemakaian pada setiap rumah yaitu 120 s/d 125 watt saja, sehingga pemakain harus terbatas. Apalagi pemakain dengan beban besar dari jam 18.00 s/d 23.00 wita, guna mencegah hal tersebut handaklah pintar - pintar dalam pemakaian listrik. apabila tidak disadari maka yang terjadi mengakibatkan barang elektronik rusak.

Sebagai acuan dalam pemakaian :

Lampu - Pergunakan lampu hemat listrik (CFL) tidak menggunakan lampu bohlam, karena lampu bohlam komsumsi daya sebesar 40 s/d 80 watt sedangkan lampu CFL lebih hemat 80% komsumsi daya hanya 6 s/d 18 watt saja.

TV - TV 21 inchi mengkonsumsi daya saat digunakan sebesar 65 watt, TV 14 inchi : 45 watt sedangkan daya listrik posisi stand by (kabel tidak dilepas) sebesar 5 watt tetap mengeluarkan daya yang tidak seperlunya.

Kulkas - Kulkas 120 liter konsumsi daya kompresor standby 12 watt, kompresor menyala 50 watt, sehingga apabila kulkas dalam keadaan kosong penggunaan kompresor tidaklah stabil mengakibatkan kompresor mendinginkan mengeluarkan daya sampai dengan 70 watt, sebaiknya kulkas tidak dalam keadaan kosong.

Audio / Stereo Set - Konsumsi daya 50 watt, standby power 22 watt, apabila tidak dipakai sebaiknya power standby dimatikan (kabel dalam keadaan dilepas).

Kipas Angin - Konsumsi daya 103 watt, lebih besar dari TV, Kulkas dan Audio.

Setrika - Konsumsi daya 300 watt, lebih besar lagi dari Kipas Angin, TV, Kulkas dan Audio.

Dispenser - Konsusmsi daya 250 watt, juga lebih besar pemakaian.

Mesin Cuci - Konsumsi daya mencuci / membilas sebesar 250 watt, juga lebih besar pemakaian.

Magic Jar - Konsumsi daya menanak nasi sebesar 465 watt, sedangkan menghangatkan nasi 65 watt, hindarkan pemakaian menanak nasi.

Blender - Konsumsi daya 130 watt.

Komputer - Laptop konsumsi daya 80 watt, sedangkan komputer PC mengkomsumsi daya 140 - 180 watt dalam keadaan tanpa speaker dan printer, pemakaian hendaklah menggunakan stavolt sehingga menghemat penggunaan / penurunan daya sampai dengan 120 watt.

HP dan Charger - Jenis elektronik ini yang belum hemat mengkonsumsi daya 20 s/d 35 watt saat mengisi ulang baterai hp hanya 5 % energi yang masuk sedangkan 95 % terbuang percuma sehingga pemakain sampai berjam - jam dan itu berlaku juga pada jenis Charger Lampu.

Ternyata listrik dalam kondisi standby, (kabel tidak dilepas), posisi power on/off tidak mati, berjam-jam lebih besar pemakaian apabila tidak segera dimatikan. Apabila pemakaian 120 s/d 125 watt / rumah tidak cukup ......(terbatas).

Jadi ...

  • Jangan lupa matikan elektronik saat tidak digunakan.
  • Matikan elektronik jika masih dalam keadaan stand by.
  • Matikan lampu apabila tidak digunakan.
  • Cek kembali kondisi penggunaan listrik pada saat jam 18.00 - 23.00 (terbatas)
  • Ambil kesempatan yang benar - benar dalam kondisi listrik yang stabil.

Ayoooo para juragan ...gunakan listrik hemat dan terbatas.

http://www.flobamor.com/forum/gado-gado-informasi/10422-energi-listrik.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar