SELAMAT DATANG

thank'u for your visit !!!

Rabu, 05 Mei 2010

PROSES PEMBELAJARAN LINGKUNGAN


Latar belakang

Sebagai lingkungan yang baru harus memperhatikan hal - hal yang menyangkut dasar lingkungan yang mandiri. Hal yang mendasar adalah lingkungan yang dihuni dari berbagai macam pikiran, sopan santun, etika, suku dan ras dari daerah masing - masing (perantauan). Banyak yang harus dilakukan guna membangun dan mempersatukan dalam berbgai hal, sehingga diperlukan pembinaan, toleransi, silahrurahmi, serta masukan dan arahan dari berbagai pihak.

Pemikiran.

Terwujudnya tatanan warga yang hidup secara harmonis (living in harmony) dalam lingkungan yang aman, tertib, sehat, selaras, dan lestari dengan menjunjung nilai - nilai budaya lokal adalah cita - cita tentang peradaban masyarakat perkotaan ke depan.

Pengembangan komunitas menuju tatanan masyarakat Madani merupakan upaya untuk membantu penghuninya bertanggung jawab kepada lingkungan, membangun hubungan - hubungan dengan komunitas yang lebih luas. Pengembangan komunitas diawali dengan memperkokoh perilaku masyarakat yang berbasis nilai - nilai Universal ( kebersamaan, kekeluargaan, kerelawanan, kejujuran dll ) yang mendasari nilai - nilai kearifan lokal sebagai modal sosial yang memperkuat tananan komunitas dengan saling mempererat sesama warga sehingga terwujud budaya yang menjunjung etika, menghormati hukum dan peraturan, menghormati hak - hak warga lainnya, tertib bersih, sehat dan produktif.

Nilai - nilai Universal ( kebersamaan, kekeluargaan, kerelawanan, kejujuran dll)

Kebersamaan 

Dalam hal ini diperlukan prinsip kebersamaan sebagai dasar membangun antara lain dengan menyelenggarakan pertemuan dengan musyawarah untuk mufakat, menciptakan suasana milik bersama, tidak menonjol, sama dimata semua. Kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti pengajian / persembahyangan bersama, arisan, kegiatan sosial, olahraga bersama.

Kekeluargaan

Prinsip ini juga lebih penting yang menciptakan suasana kekeluargaan, persaudaraan, saling tolong - menolong, suka dan duka. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti memperhatikan warga yang tidak mampu / sakit / terkena musibah, beramal, kegiatan sosial, serta membangun suka duka warga.

Kerelawanan

Nilai plus ini sebagai pendukung sentral dari kebersamaan dan kekeluargaan sehingga mendapatkan hasil dari prinsip diatas yang menimbulkan kerelawanan dari setiap warga. Kegiatan yang dilakukan seperti kerja bakti / gotong royong, siskamling, kegiatan sosial / beramal.

Kejujuran 

Prinsip ini adalah sangatlah penting bagi diri masing masing individu yang dari hati / ikhlas tanpa paksaan dan membohongi diri, seperti terbentuknya suatu pengurus di lingkungan, pengurus RT, pengurus arisan, pengurus masjid / mushola, pengurus muda - mudi, pengurus kegiatan sosial,  dll. 

Adapun sumber daya yang harus diberdayakan adalah gerakan muda - mudi yang menunjang kegiatan lingkungan yang produktif sehingga banyak hal yang dapat dilakukan melalui tulang punggung bangsa ini. Jangan memberikan sifat negatif kepada muda - mudi yang seharusnya diajak, dibina, diberikan wawasan, pengembangan serta tanggung jawab.

Dari prinsip nilai - nilai universal itulah kita dapat belajar untuk membangun lingkungan Madani yang menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, tertib, aman dan harmonis.

Ketua RT 008

Eka Winastra, SH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar